TIPOLOGI
Masjid Raya
KEPULAUAN RIAU » KOTA TANJUNG PINANG » BUKIT BESTARI
ID Masjid : 01.1.10.07.04.000001
Luas Tanah : 2.000 m2
Status Tanah : SHM
Luas Bangunan : 1.600 m2
Tahun Berdiri : 2000
Daya Tampung Jamaah : 5.000
No Telp/Faks : 85.668.458.101 / -
Fasilitas : Internet Akses, Parkir, Taman, Gudang, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Aula Serba Guna, Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Poliklinik, Koperasi, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Penyejuk Udara/AC, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
Kegiatan : Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu
Jumlah Pengurus : 24
IMAM KHATIB
5 10
MASJID RAYA KEPULAUAN RIAU

Masjid Raya Kepulauan Riau diresmikan oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, HM Sani pada hari Jumat 25 Januari 2013, bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pengajian rutin pegawai di lingkungan Pemprov Kep. Riau putaran ke-84, dihadiri 3.000 orang jamaah baik dari pegawai Pemprov Kep. Riau dan masyarakat Tanjungpinang sekitarnya.

Masjid Raya ini dibangun di atas bukit dengan desain minimalis modern. Memiliki daya tampung sekitar 5.000 orang yang terdiri dari ruang salat utama dan balkon serta sayap memuat 2.000 orang. Ruang mezanine lantai dua memuat sekitar 300 jamaah. Dan bila digabung semua baik ruang utama, koridor dan tempat lainnya memuat 2.700 jamaah.

Selain itu masjid ini juga dilengkapi dengan fasiitas lainnya, lantai dasar (basement) terdiri dari beberapa ruangan antara lain ballroom atau aula dengan kapasitas sekitar 2.500 orang, ruang seminar dengan kapasitas 300 orang.

Masjid juga dilengkapi dengan perpustakaan, ruang event organizer, ruang ganti pria dan wanita, ruang operator, ruang ac central, dapur/pantry, toilet wanita dan pria masing-masing empat buah, hall dan lobi, gudang, kantin, ruang istirahat petugas, kantor takmir, ruan trafo, genset, pompa air dan panel listrik, toilet serta tempat wudhu dan juga pos pengamanan.

Selain sebagai pusat peningkatan keimanan dan ketakwaan masyarakat muslim se Provinsi Kep. Riau, Masjid Raya adalah sebagai lambang persatuan umat muslim khususnya  dan masyarakat Kep. Riau secara umum demi terciptanya kerukunan serta rasa saling menghormati dan saling menghargai seluruh umat sesama anak bangsa.