TIPOLOGI
Masjid Raya
SUMATERA SELATAN » KOTA PALEMBANG » BUKIT KECIL
Deskripsi : Masjid Taqwa merupakan salah satu masjid yang terletak di tengah kota Palembang, Sumatera Selatan. Masjid ini juga tidak jauh dari Kambang Iwak (Kolam Ikan) dan rumah dinas Walikota Palembang. Begitu juga dari jalan protokol Kapt. A Rivai pun letak masjid ini tidak terlalu jauh.
Yang cukup menarik dari Masjid ini adalah disebelahnya terdapat kolam ikan yang cukup luas dengan dikelilingi jalan aspal, kolam ini selain untuk paru-paru kota juga bisa menjadi lokasi bermain warga Palembang di waktu libur. Sedangkan disisi lainnya terdapat kantor instansi ABRI.
Masjid Taqwa ini cukup luas juga dimana ruangan masjid bisa menampung sekitar 800 jamaah baik untuk sholat wajib maupun untuk sholat Jum’at dan sholat Ied. Sedangkan halaman masjid Taqwa bisa menampung lebih 400 jamaah.
Didalam ruangan masjid Taqwa cukup terasa dingin dengan ruang yang luas tanpa ada tiang pondasi di tengah ruangan. Posisi masjid persis dibangun menghadap kiblat sehingga tidak terlalu banyak ruang yang tidak bermanfaat untuk melakukan sholat.
Mimbar untuk khutbah tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu megah, bahan mimbarpun hanya terbuat dari kayu seperti kebanyakan mimbar ciri khas masjid-masjid di kota Palembang. Walaupun begitu mimbar ini cukup jelas terlihat dari jamaah yang paling belakang sekalipun sehingga melaksanakan sholat cukup nyaman dengan suasana masjid yang teduh dan sejuk.

ID Masjid : 01.1.06.12.11.000010
Luas Tanah : 1.800 m2
Status Tanah : SHM
Luas Bangunan : 1.000 m2
Tahun Berdiri : 1966
Daya Tampung Jamaah : 1.200
Fasilitas : Parkir, Taman, Gudang, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Toko, Aula Serba Guna, Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Koperasi, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Penyejuk Udara/AC, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
Kegiatan : Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan sosial ekonomi (koperasi masjid), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu
Jumlah Pengurus : 24
IMAM KHATIB
5 5