TIPOLOGI
Masjid Agung
KEPULAUAN RIAU » KOTA BATAM » BATAM KOTA
Deskripsi : Masjid Raya Batam dirancang sebagai pemenuhan kebutuhan fasilitas peribadatan untuk melayani penduduk Pulau Batam dan warga muslim di daerah Kepri.Masjid ini diharapkan dapat menjadi tempat yang reprentitatif untuk menanpung kegiatan umat Islam dalam hal pendidikan,sosial,budaya maupun syiar.
Sehingga menjadi kebanggaan umat Islam di Batam dan Kepri. Selain hal itu, diharapkan masjid dapat menunjang dunia keparaiwisataan nasional. Masjid ini di desain oleh Ir Achmad Noe'man dari PT Birano dan disetujui pada tanggal 31 Agustus 1997 lalu kemudian mulai dibangun pada tahun 1999. Masjid diambil dari akar kata sujud yang berarti taat,patuh dan tunduk penuh hormat meletakkan dahi,kedua telapak tangan dan jari-jari kaki adalah bentuk lahiriah yang paling nyata dari makna diatas.
Dari sini bangunan yang secara umum digunakan untuk sujud,shalat dan mengabdi kepada Allah SWT. Yang Maha Esa.Dinamai masjid karena diambil juga dari akar katanya, sujud. Dari akar kata, dipahami masjid bukan hanya berfungsi sebagai tempat meletakkan dahi seperti sujud di dalam shalat.Tetapi merupakan tempat melakukan aktifitas yang mengandung makna kepatuhan kepada Allah SWT.

ID Masjid : 01.2.10.06.10.000087
Luas Tanah : 7.500 m2
Status Tanah : SHM
Luas Bangunan : 2.515 m2
Tahun Berdiri : 1999
Daya Tampung Jamaah : 15.000
No Telp/Faks : 0778462593/081364061111 / 778.462.593
Fasilitas : Internet Akses, Parkir, Taman, Gudang, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Toko, Aula Serba Guna, Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Mobil Ambulance, Poliklinik, Koperasi, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Penyejuk Udara/AC, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
Kegiatan : Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan kegiatan sosial ekonomi (koperasi masjid), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu
Jumlah Pengurus : 32
IMAM KHATIB
3 1