TIPOLOGI
Masjid Agung
JAWA TIMUR » KOTA BATU » BATU
ID Masjid : 01.2.16.38.01.000001
Luas Tanah : 5000 m2
Status Tanah : Wakaf
Luas Bangunan : 1000 m2
Tahun Berdiri : 1920
Daya Tampung Jamaah : 6.000
Fasilitas : Parkir, Taman, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Aula Serba Guna, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
Kegiatan : Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu
MASJID AN-NUUR

Masjid An-Nuur dibangun pada tahun 1920 diatas tanah wakaf seorang warga. Dalam perkembangannya, masjid telah mengalami beberapa renovasi sesuai dengan kebutuhan. Renovasi terakhir dilakukan pada Maret 2008 dan diresmikan oleh Walikota Batu kala itu, Bpk. Eddy Rumpoko.

Masjid yang berada tepat ditengah jantung Kota Batu Jawa Timur ini, terlihat agung dengan nuansa warna hijau dan krem di sekujur tubuh bangunan. Secara keseluruhan masjid tampak indah dengan pola lekukan dan patahan yang terlihat pada beberapa bagian dinding.  Lekukan ini adalah akasen hias dan berfungsi sebagai penahan beberapa bagian masjid, seperti tangga. Tepat pada dinding mihrab dengan lapisan batu alam berwarna hitam, terdapat kaca bulat yang memancarkan cahaya alami.

Masjid An-Nuur masih akan direnovasi untuk menambah beberapa bagian dan mempercantik penampilannya. Direncanakan, akan dibangun menara setinggi 99 meter di sebelah barat pintu gerbang, mengacu pada menara Mesjid Agung Jawa Tengah.