MUSHALLA AL-HIKMAH
Alamat :
Jln. Klotok RT 04 RW 00 Dsn. Tegalan Ds. Tegalan Kec. Kandat
JAWA TIMUR » KAB. KEDIRI » KANDAT
Deskripsi : DESKRIPSI MUSHOLLA AL HIKMAH
DESA TEGALAN KECAMATAN KANDAT
Musholla Al Hikmah terletak di jalan Klotok RT.04 RW.00 Dusun Tegalan Desa Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri . Bagian utara Musholla dibatasi oleh jalan Aspal desa. Bagian barat dan timur Musholla dibatasi oleh rumah warga. Bagian Selatan Musholla dibatasi oleh tanah pekarangan milik Ibu SahadahBangunan Musholla Al Hikmah berdiri diatas tanah seluas 140 m² yang merupakan bangunan permanen karena dibangun menggunakan campuran pasir, semen dan batu bata. Bangunan Musholla terdiri dari bangunan utama, serambi dan satu kamar kecil beserta tempat wudlu.Pada bagian depan terdapat teras Musholla dengan panjang 9.6 m dan lebar 2.5m. Serambi bagian samping selatan berukuran panjang 7.2 m dan lebar 1.5 m sekaligus sebagian difungsikan sebagai tempat wudlu dan satu kamar kecil. Serambi bagian samping utara berukuran panjang 7.2 dan lebar 2 m. Bagian dalam berukuran panjang dan lebar 7 m. Bagian mimbar berukuran panjang 2.5 dan lebar 2 m. Keseluruhan ruangan dapat menampung sekitar 115 Orang jamaah. Pada bagian lantai keseluruhan sudah terpasang keramik, akan tetapi dinding bagian dalam dan luar semua belum terpasang keramik. Dan juga atap serambi masih bersifat sementara yaitu berupa esbes dan belum terpasang plafon. Halaman Musholla bagian depan berukuran panjang 11.6 m dan lebar 2.5 m dan samping utara yang berukuran panjang 9.6 m dan lebar 2 m. Masih dalam proses perencanaan untuk ditutup dengan atap berupa kanopi.Dibagian ppenerangan Musholla sudah menggunakan penerangan dari listrik PLN. Semua bagian baik bagian dalam Musholla, bagian luar Musholla dan tempat wudlu dan kamar kecil sudah dilengkapi dengan penerangan.Demikian sekilas tentang deskripsi Musholla Al Hikmah yang dibangun dan berlokasi di jalan Klotok RT.04 RW.00 Dusun Tegalan Desa Tegalan Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri.

ID Mushalla : 02.4.16.06.05.000274
Luas Tanah : 140 m2
Status Tanah : SHM
Luas Bangunan : 92 m2
Tahun Berdiri : 2015
Daya Tampung Jamaah : 115
No Telp/Faks : 85.608.228.944 / -
Fasilitas : Penyejuk Udara/AC, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
Kegiatan : Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu
Jumlah Pengurus : 26
IMAM KHATIB
3 -
Dokumen :
  1. lampiran SK musholla (138.2 KB)
  2. Leter C (31.6 KB)
MUSHALLA AL-HIKMAH

SEJARAH PENDIRIAN MUSHOLLA AL HIKMAH

DESA TEGALAN KECAMATAN KANDAT

Sebelum dibangunnya Musholla Al Hikmah, lokasi Musholla adalah berupa tanah pekarangan milik Ibu Sahadah yang terletak di jalan Klotok RT.04 RW.00 Dusun Tegalan Desa Tegalan Kecamatan Kandat.Mengingat di lingkungan RT. 04 belum terdapat Musholla  maka sangat dibutuhkan oleh warga adanya bangunan Musholla yang permanen sebagai tempat beribadah bagi kaum muslim, maka atas inisiatif keluarga Ibu Sahadah ingin mewakafkan sebagian tanah keluarga untuk dibangun Musholla dan Ibu Sahadah menyampaikan maksud dan niatnya melalui Bapak Surat selaku ketua RT. 04 Dusun Tegalan.Maksud dan niat Ibu Sahadah diteruskan oleh Bapak Surat selaku ketua RT dan penanggung jawab lingkungan dengan mengumpulkan warga dan segenap tokoh masyarakat lingkungan untuk membahas rencana pembangunan Musholla dilingkungan RT.04 dan alhasil rencana tersebut mendapat respon yang positif dari warga sekitar, maka pada langkah selanjutnya dibentuklah sebuah panitia pembangunan Musholla yang diberi nama “Musholla AL HIKMAH” dengan harapan dapat memberikan hikmah dan keberkahan bagi umat islam khususnya untuk dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Alloh SWT. Serta dapat bermanfaat bagi semua masyarakat pada umumnya.Bertepatan pada hari Jum’at tanggal 17 Juni 2015 terbentuklah Pengurus dan Panitia Pembangunan Musholla Al Hikmah dan mulai saat itulah Panitia pembangunan beserta segenap warga sekitar bahu membahu sekuat tenaga dan bertekat untuk melanjutkan pembangunan hingga saat ini pembangunan masih terus berjalan mungkin sampai dengan waktu yang belum dapat ditentukan hingga terwujudnya bangunan Musholla yang representatif sebagai tempat ibadah bagi kaum muslimin agar dapat beribadah secara tenang, nyaman, indah, bersih serta khusuk kepada Alloh SWT.Demikian sekilas tentang sejarah berdirinya Musholla Al Hikmah semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan bagi kita semua, Amiin.