TIPOLOGI
Masjid Agung
DKI JAKARTA » KOTA ADM. JAKARTA SELATAN » KEBAYORAN LAMA
ID Masjid : 01.2.11.06.05.000001
Luas Tanah : 2.500 m2
Status Tanah : SHM
Luas Bangunan : 1.764 m2
Tahun Berdiri : 1990
Daya Tampung Jamaah : 2.600
No Telp/Faks : 021 7666166 / 021 7666167
Fasilitas : Parkir, Taman, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Aula Serba Guna, Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Mobil Ambulance, Poliklinik, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Penyejuk Udara/AC, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
Kegiatan : Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan sosial ekonomi (koperasi masjid), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu
MASJID RAYA PONDOK INDAH
Masjid Raya Pondok Indah dibangun oleh Yayasan Masjid Raya Pondok Indah, diketuai oleh H. Sudwikatmono dan didukung oleh Yayasan Pondok Indah dan PT Metropolitan Kencana Jakarta. Perencanaan pembangunan masjid dipimpin oleh Ir. H. Ismail Sofyan. Pembangunan dimulai pada tahun 1990 dan selesai tahun 1992. Peresmian masjid raya pondok indah dilakukan pada hari Jumat 4 Desember 1992 pukul 11.00 oleh H. Sudharmono, SH (Wakil Presiden RI) dilanjutkan dengan salat Jumat.

Masjid Raya Pondok Indah ini terdiri dari 2 lantai. Lantai atas digunakan untuk ruang salat utama, sedangkan lantai bawah digunakan untuk ruang serba guna. Secara keseluruhan masjid dapat menampung 2.600 jemaah, yaitu lantai atas dan bawah.
Ruang atas, ruang salat utama terdapat dinding kiblat, tanpa ruang migrab. Bentuk ini merujuk pada Masjid Quba yang dibangun oleh Rasulullah SAW. Pada dinding mimbar dipahat kaligrafi dua kalimah syahadat. Untuk menambah keagungan masjid, sekeliling bagian atas ruang salat dipahat kaligrafi Asmaulhusna.

Masjid biru, itulah sebutan lain bagi Masjid Raya Pondok Indah ini. Sebutan ini dikarenakan dominasi dari masjid raya pondok indah yang berwarna biru seperti atapnya yang berwarna biru.