MUSHALLA AL-KHAMIT
Alamat :
Dsn. Wonorejo Ds. Wonorejo Kec. Kunjang
JAWA TIMUR » KAB. KEDIRI » KUNJANG
Deskripsi : DESKRIPSI MUSHOLA AL HAMID
Musholla Al Khamid terletak di RT 05 RW 02 Dusun Wonorejo Desa Wonorejo Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Batas tanah Musholla Al Khamit tersebut sebelah selatan berbatasan jalan desa, sebelah utara rumah warga, sebelah barat pekarangan musholla dan rumah warga, sebelah timur rumah warga.Musholla Al Khamit berdiri di atas tanah seluas 80 m2. Bangunan Musholla Al Khamit terdiri dari dua bagian, bagian serambi dan bagian utama Musholla. Bagian serambi termasuk bangunan-bangunan baru dengan konstruksi bangunan permanen karena sudah menggunakan campuran pasir, semen, dan batu bata. Sedangkan bangunan utama musholla untuk saat ini sedang dilakukan renovasi dan masih dalam tahap pengerjaan. Pada bagian utara musholla terdapat teras yang digunakan sebagai tempat peralatan kebersihan masjid yang lantainya sudah di keramik kasar dan merupakan jalan ke kamar mandi dan tempat wudhu. Tempat wudhu terdapat di sebelah utara musholla. Dinding dan lantai tempat wudhu sudah dilapisi dengan keramik yang lantai kasar dan yang dinding halus. Penyediaan air untuk wudhu sudah dibantu oleh pompa air listrik yang kemudian ditampung ke dalam bak penampungan diatas tempat wudhu.Wilayah musholla sudah diberi belum dipasang Pagar Permanen dan bagian luar musholla juga belum diberi pagar permanen dan Gapura yang masih dalam tahap pembangunan.Kegiatan keagamaan yang dilaksanakan pengurus musholla di antaranya sholat berjamaah lima waktu, pembacaan surat Yasin dan Tahlil setiap malam jum’at pon, TPQ setiap sore hari dari kegiatan peringatan hari-hari besar Islam, dhibaiyyah, latihan rebana, dan Lailatul Ijtima NU yang disesuaikan dengan jadwal.

ID Mushalla : 02.4.16.06.21.000007
Luas Tanah : 165 m2
Status Tanah : Wakaf
Luas Bangunan : 80 m2
Tahun Berdiri : 1968
Daya Tampung Jamaah : 60
No Telp/Faks : 81.359.564.556 / -
Fasilitas : Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
Kegiatan : Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu
Jumlah Pengurus : 5
IMAM KHATIB
2 -
No. ID MUSHALLA
02.4.16.06.21.000007
PETA MUSHALLA (+ perbesar layar peta)
MUSHALLA AL-KHAMIT

SEJARAH PENDIRIAN MUSHOLLA AL KHAMIT

DUSUN WONOREJO DESA WONOREJO KECAMATAN KUNJANG

Musholla dibangun pada tahun 1968. Musholla tersebut berlokasi RT 05 RW 02 Dusun Wonorejo Desa Wonorejo Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Pada saat itu musholla tersebut belum di beri nama. Musholla dibangun diatas tanah dengan ukuran panjang 10 m dan lebar 8 m. Musholla tersebut dibangun diatas tanah Jariyah milik Kyai Thohir. Pemrakarsa berdirinya musholla adalah pemilik tanah sendiri Kyai Thohir dan sesepuh lingkungan.Musholla tersebut merupakan satu-satunya pusat peribadatan umat muslim saat itu untuk melaksanakan sholat pada saat itu warga harus berjalan ke musholla Dusun Wonorejo itupun hanya beberapa orang saja karena memang warga Dusun Wonorejo pada saat itu terkenal kaum abangan. Kemudian setelah beberapa waktu timbulah untuk pemberian nama mushola tersebut menjadi mushola Al Khamit.Setelah kurang lebih 2,5 tahun berjalan melihat fenomena yang ada ternyata dengan berdirinya musholla tersebut mampu menggugah hati masyarakat untuk beribadah di musholla dan banyak para remaja pada saat itu ikut belajar mengaji dan tidur di musholla tersebut sehingga masalah yang dibangun tidak mampu menampung warga yang melakukan kegiatan di mushola tersebut.Dengan melihat hal tersebut H. Khamdan mengajak musyawarah beberapa orang yang dianggap sangat berkompeten dalam hal kegiatan-kegiatan yang diadakan di musholla tersebut. Mulai dari kalangan Pamong dan para agniya’ diantaranya Abdul Jamil, Imam Shodiq, Tekad, Abdul Rois dan beliau satu-satunya yang masih hidup sampai sekarang kemudian Jazuli atau kasun untuk merintis berdirinya Musholla.